Connect with us

Did You Know?

5 Tanda – Tanda Ban Mobil Kalian Sudah Harus Diganti

Ban merupakan komponen yang sangat penting pada mobil. Bukan hanya komponen penggerak mobil, ban juga berperan pada keselamatan, kenyamanan penumpang, keiritan konsumsi bbm, ketahanan komponen kaki-kaki mobil dan lain sebagainya. Jadi kondisi ban harus mendapat perhatian khusus dari pemilik mobil.

Pertanyaan yang sering dilontarkan bagi kalian yang baru memilik mobil adalah kapan saatnya mengganti ban? berapa umur pakai ban yang ideal? apa ciri-ciri ban yang sudah harus diganti? Apakah ban boleh terus digunakan hingga kembangnya benar-benar habis? dan lain sebagainya. Dan Berikut adalah 5 ciri – ciri ban yang sudah harus di ganti.

1. Jarak Tempuh Sudah 40.000 KM

Walau belum sampai 3 tahun usia pakai, ban juga sebaiknya diganti jika jarak tempuh sudah mencapai 40 ribu kilometer. Misalnya karena mobil sering menempuh perjalanan jauh sehingga dalam 2 tahun sudah mencapai 50 ribu km. Meskipun kelenturan masih bagus, ban yang sudah menempuh jarak yang jauh akan mengalami keausan. Untuk pemakaian normal, pada umumnya mobil menempuh sekitar 15 – 20 ribu km per tahun, sehingga 40 ribu km tercapai dalam waktu sekitar 2 hingga 3 tahun.

2. Ban Ada Benjolan

Benjolan pada ban sering terjadi. Benjolan tersebut adalah pertanda ada anyaman benang atau kawat penguat konstruksi ban yang putus. Jika sudah terjadi benjolan, itu berarti ketahanan ban sudah tidak seragam. Ban rawan mudah pecah karena ada beberapa bagian ban yang tidak lagi kuat menahan tekanan udara. Benjolan pada ban bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, misalnya tekanan angin yang sering kurang dari standar semestinya sehingga beberapa bagian ban harus menanggung beban lebih berat dari bagian lain.

Ban benjol juga bisa disebabkan karena sering melewati jalanan rusak atau berlubang dengan kecepatan tinggi atau dengan muatan berlebihan. Sehingga pada kondisi tertentu beban ban tidak seimbang hingga menyebabkan anyaman penguat ban putus. Jika sudah ada beberapa benjolan pada ban mobil, sebaiknya segera ganti dengan ban baru. Karena kondisi tersebut sangat rawan menyebabkan ban pecah.

3. Ketebalan Tapak Ban Mencapai Batas TWI

Setiap ban mobil diberi indikasi TWI yang merupakan singkatan dari Tread Wear Indicator. tanda tersebut merupakan batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap di pakai, jika kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI, ban sudah harus diganti. Ada dua posisi indicator TWI pada ban, yaitu di bagian tepi ban dan di tengah telapak ban. Untuk yang di tepi akan terlihat segitiga kecil di area bawah kembang ban, sedangkan yang di tengah telapak ban berupa tonjolan yang tidak sampai setinggi kembang ban.

4. Ban Retak – Retak

Ban yang retak pada sisi samping kerap kita temui, biasanya hal ini terjadi karena ban terlalu sering kontak dengan panas dalam waktu lama. Sehingga ban tersebut menjadi rusak atau mudah rapuh sebelum umur semestinya. Misalnya ban mobil yang selalu dijemur dan tidak diletakkan di garasi saat di rumah, sehingga ban terpapar suhu panas sepanjang siang dan suhu dingin sepanjang malam secara terus menerus.

Ditambah pemilik yang malas membersihkan bannya dari debu dan tidak pernah memberi cairan kit untuk menjaga keawetan ban. Sebaiknya lakukan pemeliharaan ban dengan rutin dengan membersihkan ban dan memberi cairan kit khusus untuk ban yang bisa membantu menjaga kelenturan ban. Juga jangan biarkan mobil sobat sering dijemur. Namun jika sudah terjadi retak-retak pada ban, sebaiknya segera diganti, karena itu kondisi yang tidak aman untuk berkendara.

5. Kembang Ban Terangkat (Heel toe Wear)

Heel Toe merupakan kondisi ban yang kembangnya seperti terangkat. Hal ini terjadi pada ban mobil yang sering melalui jalanan yang rusak, khususnya mobil yang dipacu pada kecepatan tinggi di jalan yang tidak rata, sehingga sering mengerem cukup keras di jalanan tersebut. Hal ini juga bisa disebabkan karena bushing suspensi, bearing roda dan ball joint yang sudah aus. Akibat pengerem di jalanan yang banyak batu atau jalan yang keriting, kembang-kembang ban terangkat karena tertarik secara paksa. Kondisi ini akan menyebabkan ban cepat aus dan ketahanannya berkurang. Maka sebaiknya diganti dengan ban baru.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 Cara Ampuh Menghilangkan Bunyi Pada Fanbelt Mobil

Did You Know?

Sebenarnya Apa Fungsinya Menggunakan Rem Angin

Did You Know?

Inilah Alasan Kenapa Mobil Sekarang Gampang Ringsek

Did You Know?

Mobil Terbang Kini Sudah Terima Pre-Order Lho, Penasaran Harganya?

Cars

Advertisement
Newsletter Signup

Copyright © 2018 Fastnlow.Net. Theme by Fastnlow.

Connect
Newsletter Signup