Connect with us

Did You Know?

Inilah Alasan Kenapa Mobil Sekarang Gampang Ringsek

Mungkin bila anda perhatikan untuk jenis mobil keluaran terbaru ketika mengalami kecelakaan akan langsung ringsek dan tentu hal ini dimata orang awam akan terlihat lebih rapuh bila dibandingkan mobil mobil lawas atau jadul. Tak sedikit pula orang yang malah mengumpat produsen produsen mobil yang ketika terlihat kecelakaan mobilnya ringsek tak berbentuk.

Ini pikiran orang awam loh yang tak tahu menahu karena memang tidak diberi tahu. Oleh sebab itu kami akan mencoba memberikan penjelasan yang detail mengenai kenapa mobil modern / baru body nya mudah ringsek ketika terjadi kecelakaan. Silahkan disimak dan dipahami dengan baik.

Pengertian Crumple Zone

Ketika mobil terjadi kecelakaan pasti kita akan melihat beberapa bagian yang mengalami benturan akan hancur tak berbentuk, namun pada bagian kabin mobil tidak begitu mengalami kerusakan yang berarti karena memang untuk mobil keluaran baru rata rata telah mengadopsi teknologi crumple zone pada produk mereka. Nah crumple zone ( crush zone ) sendiri adalah bagian bagian tertentu yang ada pada bagian mobil.

Yaitu ada pada bagian depan, samping dan belakang yang sengaja dibuat lebih rapuh bila dibandingkan dengan kontruksi kabin utama Tujuan dari desain ini adalah agar ketika mobil terlibat suatu kecelakaan, maka bagian crumple zone lah yang akan menerima dan menyerap gaya kinetik yang datang dari arah berlawanan yang selanjutnya diredam sehingga tidak sampai ke kabin mobil dan melukai pengemudi mobil serta penumpangnya. Pada intinya konsep crumple zone ini adalah untuk keselamatan atau safety.

Teknologi crumple zone ini pada awalnya ditemukan oleh insinyur marcedes bela barenyi pada tahun 1937 dan diaplikasikan ke produk marcedes di tahun 1959. Jadi sebenarnya teknologi crumple zone ini sudah ada sejak lama. Dan semakin berkembangnya teknologi yang ada serta rutinnya para insinyur otomotif mengembangkannya maka ditemukanlah formulasi yang terbaru seperti yang saat ini diaplikasikan pada kendaraan baru disaat ini.

Cara Kerja Crumple Zone

Pada desain kendaraan yang mengadopsi teknologi crumple zone, ketika terjadi sebuah benturan akibat kecelakaan, maka benturan yang diterima tadi akan diserap oleh bagian bagian crumplezone dan didistribusikan ke bagian lain dari kendaraan sehingga semua penumpang didalam kabin mobil selamat. Maka dari itulah tidak aneh jika ketika terjadi kecelakaan, bagian luar mobil akan terlihat hancur namun bagian dalam kabin tetap aman.

Jadi ketika mobil yang kita kendarai terlibat tabrakan dengan kendaraan lain ataupun menabrak benda permanen seperti tembok bangunan, tiang listrik dan lain sebagainya, titik titik crumple zone yang berada pada area tabrak tadi akan melengkung dan rusak guna menyerap energi benturan / hentakan sehingga kabin mobil tetam aman.

Bahkan di beberapa mobil mewah kelas atas pun menjadikan engine mounting sebagai titik crumple zone, jadi ketika mobil menabrak dengan kecepatan tertentu, maka secara otomatis mesin dan transmisi mobil akan jatuh sehingga tidak terdorong masuk dan menjepit si pengemudi. Bila kalian pernah membuka bagian bemper mobil tentu kalian akan melihat kontruksi body yang terdapat banyak lubang, dan itulah letak crumple zone berada.

Crumple zone ini bukan hanya lubang lubang yang ada pada body mobil bagian luar saja, bahkan beberapa busa atau stereofoam yang ada pada bagian dekat radiator atau di bagian bawah kap mesin mobil termasuk salah satunya berfungsi sebagai crumple zone. Benturan yang diterima oleh bagian bumper mobil akan diserap oleh bumper tersebut ( bahkan bumper sampai penyok ) kemudian diredam dan disalurkan ke bagian busa atau styrofoam tadi.

Termasuk juga bagian kap mobil juga akan langsung melengkung jika terjadi kecelakaan karena pada bagian dalam kap mobil juga terdapat kontruksi crumple zone, bayangkan bila sewaktu kecelakaan kap mobil tidak melengkung dan malah terdorong kebelakang sampai menghandurkan kaca depan dan menembus tenggorokan anda? Dan ini lah alasan kenapa kok mobil mobil saat ini mudah sekali rusak ketika tabrakan. Karena tidak lain dan tidak bukan adalah demi keselamatan pengendara dan para penumpangnya, apabila terjadi sesuatu yang tak diinginkan ketika berkendara menggunakan mobil.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 Cara Ampuh Menghilangkan Bunyi Pada Fanbelt Mobil

Did You Know?

Sebenarnya Apa Fungsinya Menggunakan Rem Angin

Did You Know?

Mobil Terbang Kini Sudah Terima Pre-Order Lho, Penasaran Harganya?

Cars

5 Tanda – Tanda Ban Mobil Kalian Sudah Harus Diganti

Did You Know?

Advertisement
Newsletter Signup

Copyright © 2018 Fastnlow.Net. Theme by Fastnlow.

Connect
Newsletter Signup