Connect with us

Did You Know?

4 Cara Ampuh Menghilangkan Bunyi Pada Fanbelt Mobil

Apabila kalian pernah mengalami hal yang sangat mengganggu khususnya bagi pendengaran kita, dimana tali kipas atau fanbelt bunyi mencicit. Memang bunyi mencicit ini selain menimbulkan rasa kurang enak saat mendengarnya juga membuat kita menjadi was was akan apa yang terjadi nantinya, misalnya saja perasaan takut akan adanya masalah di bagian mesin mobil ataupun takut bila fanbelt putus sewaktu waktu ditengah jalan.

Memang kita harus waspada dengan bunyi bunyian yang ada di mobil sekecil apapun bunyinya. Bukannya apa apa karena dengan anda tanggap terhadap bunyi bunyian ini, kalian bisa melakukan perbaikan sedini mungkin bagian apa dan mana saja yang perlu diperbaiki sehingga dikemudian hari masalahnya tidak akan menjadi besar. Khusus untuk edisi kali ini kita akan membahas mengenai masalah bunyi yang ada pada tali kipas mesin mobil dan penanganannya yang bisa anda lakukan sendiri dirumah.

1. Kencangkan Tali Kipas

Langkah pertama adalah dengan cara mengencangkan tali kipas mobil karena biasanya bunyi mencicit tersebut diakibatkan oleh dua hal, yang pertama adalah karena tali kipas atau panbel sudah kendor dan yang kedua adalah karena usia pakai sudah melewati batasnya.

Untuk mengencangkan tali kipas caranya sangat mudah, silahkan anda cari baut penyetel yang biasanya terdapat dibagian alternator, gunakan kunci ring 12 atau yang sesuai, kemudian kendorkan penyetel tersebut dan coba congkel dengan menggunakan besi panjang pada bagian alternator, coba tekan tali kipas bila sudah kencang silahkan dikencangkan kembali.

2. Menaburkan Bedak Pada Tali Kipas

Selain bedak bayi sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban badan si buah hati ternyata juga sangat berguna untuk mengatasi darurat seperti tali kipas mobil yang mencicit. Cukup anda taburkan bedak bayi tersebut ke seluruh permukaan dalam tali kipas secara merata, silahkan tutup kap mesin dan starter. Jika masih ada bunyi matikan mesin, buka kap mesin dan kembali taburkan bedak tersebut ke area yang sama sampai bunyinya hilang.

3. Memberikan Gemuk Kepermukaan Dalam Tali Kipas

Langkah mudah yang bisa anda lakukan sendiri dirumah untuk mencoba menghilangkan suara mencicit di bagian tali kipas mesin mobil selanjutnya adalah dengan memberikan pelumas grease / gemuk / stempet ke permukaan dalam tali kipas, cukup seujung jari saja kemudian coba nyalakan mesin mobil. Pemberian grease sebenarnya tidak disarankan karena akan membuat tali kipas sedikit mudah slip sehingga bisa dikuatirkan memperboros konsumsi bahan bakar mobil.

4. Mengganti Tali Kipas Lama Dengan yang Baru

Bila beberapa cara diatas ternyata belum juga berhasil sebaiknya jangan terlalu dipaksakan untuk mengatasi sendiri, bawalah kendaraan kesayangan anda ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan penggantian fanbel lama dengan yang baru. Pastikan melakukan penggantian di bengkel resmi karena sudah dijamin barang yang dipasang adalah original yang ukurannya sesuai standard, disamping itu mereka pun memberikan garansi.

Namun bila anda memilih untuk memasangkan komponen ini dibengkel luar, pastikan anda membeli tali kipas dengan nomor seri yang sama dengan yang sudah lama. Kebanyakan orang mengukurnya dengan menyamakan panjangnya padahal cara ini adalah salah sebab tali kipas usang sudah tidak elastis dan tentu saja akan mengendor alias memanjang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebenarnya Apa Fungsinya Menggunakan Rem Angin

Did You Know?

Inilah Alasan Kenapa Mobil Sekarang Gampang Ringsek

Did You Know?

Mobil Terbang Kini Sudah Terima Pre-Order Lho, Penasaran Harganya?

Cars

5 Tanda – Tanda Ban Mobil Kalian Sudah Harus Diganti

Did You Know?

Advertisement
Newsletter Signup

Copyright © 2018 Fastnlow.Net. Theme by Fastnlow.

Connect
Newsletter Signup